Program Studi Doktor Sejarah
Program Studi Doktor Sejarah di Universitas Diponegoro saat ini memiliki sumber daya pengajar berjumlah tujuh dengan 6 di antaranya adalah Guru Besar bidang sejarah maritim, historiografi, sejarah kebudayaan, sejarah sosial, dan sebagainya. Dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki Program Studi Doktor Sejarah, selain mengembangkan pengajaran berbasis pembelajaran di kelas juga didukung dengan penelitian yang unggul dalam studi Sejarah Maritim dan Interaksi Global.
Kurikulum
Kurikulum Program Studi Doktor Sejarah disusun berdasar pada capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, dan mata kuliah. Untuk memenuhi kompetensi lulusan, materi kuliah pada setiap mata kuliah disusun secara konsisten dan mencerminkan orientasi strategis dari program studi yang disesuaikan dengan perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis Internet of Things. Untuk menambah pengalaman dan kompetensi penelitian, para mahasiswa dilibatkan dalam penelitian dosen, praktik penelusuran sumber di Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pelatihan penelusuran sumber sejarah melalui platform yang disediakan oleh pusat-pusat arsip dan dokumentasi yang bisa diakses secara online, pelatihan klinik manuskrip, diwajibkan menjadi pemakalah pada Seminar Nasional dan presenter pada International Seminar/Conferrence. Desain kurikulum Program Studi Doktor Sejarah Undip berupaya untuk mengintegrasikan antara teori dan praktik. Melalui desain research-based teaching, pada tahap pertama, mahasiswa mendapatkan konsep dan teori yang disampaikan dalam mata kuliah. Dialektika penelitian yang telah dikembangkan oleh dosen bersama-sama dengan para mahasiswa, kemudian membentuk bangunan proposal penelitian disertasi dan artikel publikasi. Melalui kurikulum PSDS FIB UNDIP, teori dan praktik secara sistematis telah disusun untuk memenuhi kompetensi tingkat lanjut dan khusus. Kajian teoretis dan penerapannya secara praktis telah saling melengkapi melalui penerapan Student Centered Learning (SCL). Dalam pengembangan kurikulum terdapat kompetensi yang dicapai, sebagai berikut.
Kompetensi
- Tujuan pendidikan di Program Studi Doktor Sejarah Undip adalah untuk mencapai kompetensi tertentu sesuai KKNI Level 9 sebagai berikut.
- Mampu menjadi lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional, integritas moral, sikap ilmiah dan kritis, serta memiliki keunggulan kompetitif/ komparatif baik di level nasional maupun internasional dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan seni terutama di bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, dan perpustakaan (K1).
- Mampu mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah yang profesional sebagai sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan seni yang meliputi: sastra, bahasa, sejarah, antropologi, dan perpustakaan (K2).
- Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan seni hasil penelitian untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan kemajuan bangsa serta menumbuh kembangkan jiwa entrepreneurship berbasis Ipteks (K3).
- Untuk menjamin kesesuaian kompetensi lulusan PSDS FIB UNDIP dengan KKNI, Kurikulum PSDS FIB UNDIP disusun sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran, memberikan kompetensi yang dibutuhkan, sekaligus merespons kebutuhan dunia kerja.
Adapun kompetensi Program Studi Doktor Sejarah Undip diwujudkan melalui pembentukan keterampilan umum dan tambahan. Terdapat 7 keterampilan umum, yaitu:
- Mampu mengembangkan peta jalan penelitian sejarah multidisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian sejarah dan humaniora dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas (PU1);
- Mampu menemukan hal-hal baru (novelty) dalam penelitian sejarah sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan umat manusia (PU2);
- Mampu menyusun penelitian sejarah dengan konsep-konsep dan teori-teori dari ilmu humaniora dan berbagai disiplin ilmu sosial khususnya pada kajian sejarah maritim dan interaksi global (PU3);
- Mampu menulis artikel pada jurnal ilmiah nasional terindeks dan internasional bereputasi (PU4);
- Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan penulisan sejarah kepada pihak lain dengan menggunakan metode, pendekatan, dan strategi pembelajaran yang menarik (PU5);
- Mampu memilih penelitian yang kontekstual, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negara serta umat manusia secara umum khususnya di bidang sejarah dan kebudayaan (PU6);
- Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan sejarah berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat (PU7);
Keterampilan utama tersebut didukung dengan 11 keterampilan khusus, sebagai berikut:
- Mampu merumuskan pendekatan dan strategi dalam mengkaji peristiwa sejarah serta memecahkan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan dan perubahan masyarakat yang terjadi saat ini khususnya di bidang kemaritiman dan integrasi nasional (PK1);
- Mampu meningkatkan peranan dan pelayanan profesi dengan perspektif sejarah (PK2);
- Mampu menciptakan suasana akademis di dalam kelas (PK3);
- Mampu menguasai materi sejarah sebagai bahan pembelajaran dengan baik (PK4);
- Mampu mengaitkan materi pembelajaran sejarah dengan persoalan kontekstual (PK5);
- Mampu menjadi motivator yang baik terhadap peserta didik dengan mengambil berbagai contoh peristiwa sejarah (PK6);
- Mampu meningkatkan peranan dan pelayanan profesi dengan perspektif sejarah (PK7);
- Mampu mengembangkan kinerja profesional dengan wawasan pengetahuan yang lebih luas (PK8).
- Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya (PK9);
- Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi yang berada di bawah tanggung jawabnya (PK10);
- Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan komunitas peneliti di luar lembaga (PK11);
- Untuk memenuhi kualifikasi KKNI periode masa studi mahasiswa PSDS FIB UNDIP adalah minimal 3 tahun akademik (6 semester) dengan maksimal 7 tahun akademik (14 semester).
Pada Kurikulum 2017, jumlah mata kuliah wajib adalah 9 mata kuliah dengan 42 SKS, jumlah mata kuliah pilihan sejumlah 6 mata kuliah dengan 12 SKS. Adapun SKS minimal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 44 SKS. Pada Kurikulum 2020, jumlah mata kuliah wajib adalah 13 mata kuliah dengan 72 SKS, jumlah mata kuliah pilihan adalah 3 mata kuliah dengan 6 SKS dengan SKS minimal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 74 SKS. Sebaran mata kuliah pada kurikulum PSDS FIB UNDIP diatur dalam kurun waktu 6 semester.
Mata Kuliah
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
SEMESTER I |
| ||
|
| MATA KULIAH WAJIB |
|
1 | PBSJ9001 | TEORI DAN METODOLOGI PENELITIAN SEJARAH Theory and Methodology of Historical Research | 2 |
2 | PBSJ9002 | BIBLIOGRAFI SEJARAH INDONESIA DAN PENELITIAN ARSIP Bibliography of Indonesian History and Archive Research | 2 |
3 | PBSJ9006 | KAPITA SELEKTA SEJARAH INDONESIA Capita Selecta of Indonesian History | 2 |
4 | PBSJ9007 | SEJARAH MARITIM DAN INTERAKSI GLOBAL Maritime History and Globalization | 2 |
|
| JUMLAH SKS | 8 |
|
| MATA KULIAH PILIHAN |
|
5 | LBSJ9008 | NASIONALISME DAN INTEGRASI BANGSA Nationalism and National Integration | 2 |
6 | LBSJ9010 | SOSIOLOGI MARITIM Maritime Sociology | 2 |
7 | PBSJ9009 | ANTROPOLOGI MARITIM Maritime Anthropology | 2 |
8 | PBSJ9011 | SEJARAH KOTA Urban History | 2 |
|
| JUMLAH SKS | 8 |
|
| TOTAL SKS YANG HARUS DIAMBIL SEMESTER I | 10 |
SEMESTER II |
| ||
9 | PBSJ9012 | PENULISAN PROPOSAL Proposal Writing | 3 |
10 | PBSJ9013 | PENELITIAN I (HEURISTIK) Research I (Heuristics) | 7 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER II | 10 |
SEMESTER III |
| ||
11 | PBSJ9014 | PENELITIAN II (HISTORIOGRAFI) Research II (Historiography) | 7 |
12 | PBSJ9016 | SEMINAR HASIL Seminar Results | 3 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER III | 10 |
SEMESTER IV |
| ||
13 | PBSJ9017 | PUBLIKASI I Publication I | 3 |
14 | PBSJ9018 | KELAYAKAN Appropriateness | 3 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER IV | 6 |
|
| SEMESTER V |
|
15 | PBSJ9019 | PUBLIKASI II Publication II | 7 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER V | 7 |
|
| SEMESTER VI |
|
16 | PBSJ9021 | DISERTASI Disertation | 6 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER VI | 6 |
|
| TOTAL SKS KESELURUHAN | 49 |
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
Semester I |
| ||
|
| MATA KULIAH WAJIB |
|
1. | BSJ1924101 | Teori dan Metodologi Penelitian Sejarah | 3 |
2. | BSJ1924102 | Bibliografi Sejarah Indonesia dan Penelitian Arsip | 3 |
3. | BSJ1924103 | Kapita Selekta Sejarah Indonesia | 3 |
4. | BSJ1924104 | Sejarah Maritim dan Interaksi Global | 3 |
5. | BSJ1924105 | Nasionalisme dan Integrasi Bangsa | 3 |
6. | BSJ1924106 | Penulisan Proposal | 6 |
|
| JUMLAH SKS | 21 |
|
| Mata Kuliah Pilihan |
|
5 | BSJ1924114 | Antropologi Maritim * | 2 |
6 | BSJ1924115 | Sosiologi Maritim * | 2 |
7 | BSJ1924116 | Sejarah Perkotaan * | 2 |
|
| Jumlah SKS | 6 |
|
| TOTAL SKS yang harus diambil SEMESTER I | 25 |
Semester II |
| ||
9 | BSJ1924207 | Penelitian I (Heuristik) | 6 |
10 | BSJ1924209 | Publikasi I | 9 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER II | 15 |
Semester III |
| ||
11 | BSJ1924308 | Penelitian II (Historiografi) | 10 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER III | 10 |
Semester IV |
| ||
13 | BSJ1924411 | Seminar Hasil | 8 |
14 | BSJ1924410 | Publikasi II | 10 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER IV | 18 |
|
| SEMESTER V |
|
15 | BSJ1924512 | Kelayakan | 6 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER V | 6 |
|
| SEMESTER Vi |
|
16 | BSJ1924613 | Disertasi | 12 |
|
| JUMLAH SKS SEMESTER Vi | 12 |
|
| Total SKS Keseluruhan | 86 |